DETAIL BERITA

Sekda Dumai Monitoring Pemulangan WNI Di BSJ

Minggu, 29 Maret 2020 23:04 WIB
Administrator

DUMAI – Proses  pemulangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau Warga Negara Indonesia (WNI) dari Malaysia via Tj. Balai Karimun di tengah pandemic Covid-19 terus berlangsung. Pada Minggu, 29 Maret 2020 sebanyak 63 orang WNI tersebut datang di Pelabuhan Domestik Bandar Sri Junjungan, Kota Dumai, Provinsi Riau.

Oleh karena itu, untuk memastikan proses ini berjalan sesuai yang diharapkan, Sekretaris Daerah Kota Dumai H. Herdi Salioso bersama Forkopimda lakukan monitoring di Pelabuhan Domestik BSJ.

Sama hal dengan proses pemulangan sebelumnya, dipelabuhan BSJ keseluruh WNI dari Malaysia yang berangkat dari pelabuhan Tj. Balai Karimun ini langsung disemprotkan disinfektan terlebih dahulu, kemudian diperiksa kembali kesehatannya oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan  (KKP) Dumai dan mengacu kepada protokol kesehatan Covid-19.

Selain itu, WNI tersebut juga diberikan sosialisasi dan pemahaman agar nantinya wajib mengisolasi diri mandiri selama 14 hari (status ODP) dan akan dipantau oleh dinas terkait dalam hal ini Dinas Kesehatan.

Setelah dicek, ke 63 orang WNI asal beberapa daerah di Sumatera langsung dipulangkan ke daerah tujuan  masing-masing dengan menggunakan transportasi darat yang telah disiapkan.

Berikut rincian WNI asal Sumatera kembali dari Malaysia via Tj. Balai Karimun yang tiba di pelabuhan BSJ sore hari ini, 8 orang Dumai, 6 orang Bengkalis, 1 orang Bukit Batu, 5 orang Kubu,  3 orang Pekanbaru, 7 orang Bangkinang, 24 orang  Provinsi Sumatra Utara, dan 9 orang Provinsi Sumatra Barat.