DETAIL BERITA

Laksanakan PCR dan Rapid Test di Pasar Sukaramai, Pemko dan Polres Dumai Antisipasi Penyebaran Covid-19

Minggu, 14 Juni 2020 16:19 WIB
Administrator

DUMAI - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Dumai melakukan tes PCR (Polymerase Chain Reaction) bagi para pedagang maupun pengunjung di pasar tradisional Sukaramai, Kelurahan Bukit Kayu Kapur, Kecamatan Bukit Kapur. Pada Minggu (14/06/2020), pukul 08.00 WIB.

Pelaksanaan kegiatan dibagi dua titik lokasi yaitu, posko di depan pasar dan di belakang pasar Sukaramai. Adapun tes PCR ini dilakukan dengan pengambilan cairan dahak (Sputum), yang mana hasil Sputum ini lebih akurat.

Plt Kepala Dinas Kesehatan H. Syahrinaldi menyampaikan, Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu dipasar-pasar tradisional, tujuannya adalah untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran Covid-19.

“Kenapa kita lakukan dipasar? karena dipasar ini tempat bertemunya para  pembeli dan penjual, berkerumunan, ini rawan potensi penularan. Untuk itu, kita ingin para pedagang kita sehat sehingga masyarakat kita juga bisa sehat”, ucap H. Syahrinaldi yang juga menjabat sebagai Asisten II Setdako Dumai.

Menurut hemat Plt Kadinkes, Kita harus tetap waspada, jangan sampai ada pedagang yang terpapar corona, nanti kita akan sulit mentracingnya, karena kita tidak mengetahui sudah berapa banyaknya orang yang berinteraksi dengan pedagang tersebut.

Lebih lanjut H. Syahrinaldi berharap kepada masyarakat, “Mari patuhi protokol kesehatan dalam setiap kegiatan atau aktifitas, apapun itu, gunakanlah masker, jaga jarak dan jangan lupa sering mencuci tangan memakai sabun”, harapnya.

Ditempat yang sama, Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Kota Dumai dr. Syaiful menyebutkan tes PCR ini dilakukan sesuai dengan arahan Dinas Kesehatan Provinsi Riau dan Pemerintah Pusat guna menscreening masyarakat di Kota/Kabupaten secara maksimal untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Untuk itu, Saya berharap masyarakat agar dapat menggunakan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk mengetahui kondisi kesehatan”, sebut dr. Syaiful.



Bersamaan pada hari ini, di posko juga digelar kegiatan Bhakti Sosial pemeriksaan rapid test oleh Polres Dumai dalam rangka Hari Bhayangkara Ke-74 Tahun 2020.

Rapid test diperuntukkan kepada para pengendara motor/mobil dari daerah luar yang ingin masuk ke Kota Dumai, wajib diperiksa kesehatannya.

Hadir pada kegiatan di posko adalah Waka Polres Dumai Kompol Alex Sandy Siregar, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Zulkarnaen, Camat Bukit Kapur Agus Gunawan, Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Dumai Nurbaiti. (diskominfo/as).